Minggu, 27 Mei 2012

Cara Mensikapi KEGAGALAN

Kegagalan memang tidaklah menyenangkan, dan juga bukanlah hal yang kita harapkan . Nah ketika kegagalan itu menimpa kita, mungkin dalam diri kita akan muncul berbagi macam perasaan yang kurang nyaman. Misal: rasa bersalah, menyesal,kecewa, ingin marah,menangis, takut dimarahi ortu, malu, dan lain-lain. Sehingga terkadang semua itu membuat kita terlalu lama terjebak dalam kelarutan.

Sebenarnya hal demikian itu tidaklah perlu terjadi. Sebab, ketika kita terlalu lama larut dalam kesedihan, maka sebenarnya banyak waktu kita yang terbuang sia-sia. Dulu saya juga pernah merasakan hal yang demikian itu. Disaat semua pengharapan saya memuncak, ternyata dikandaskan oleh kegagalan. Waktu itu saya merasa adalah orang yang paling tidak berharga bagi diri sendiri, saya merasa gagal mempersembahkan keberhasilan kepada orang-orang yang telah menyayangiku, orang-orang yang telah mensuport aku, dan saya juga merasa sepi dalam kebahagiaan kebanyakan orang.

Tapi untungnya pada waktu itu orang-orang yang tidak lulus juga banyak jadi ada temennya he.....he......., Sebagai salah satu pelajar dikota pelopor SMK kok menjadi bagian yang tidak lulus itu sungguh sangat memalukan. Apalagi perjalanan belajar selama tiga tahun hanya ditentukan dalam tiga hari. Sungguh ini adalah beban yang sangat berat. Untungnya juga, waktu itu saya sangat dikenal sebagai seorang yang inspiratif, sehingga kejadian tidak lulus ujian itu memotivasi saya untuk berfikir cepat, membantu memberikan solusi positif kepada temen-temen. Pada saat itu saya menemukan filosofi bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Karena pada kenyataannya,mau-tidak-mau, itulah kenyataannya. waktu akan terus berputar, hari akan terus berganti. Saya ibaratkan begini :"suatu ketika kita berjalan akan menuju pada suatu tempat dimana kita ingin segera sampai ketempat itu tapi dalam perjalanan ternyata kita harus melewati sungai yang tidak ada jembatannya". Apakah dalam kondisi yang demikian kita akan terus berdiam diri, menunggu keajaiban datang, ada jembatan untuk menyebrang?

Saya rasa tidak, kita tidak akan bisa berubah kalo tidak mau segera berbuat sesuatu. Ini bisa temen-temen banyangkan, ketika kita dinyatakan tidak lulus, kemudian kita disibukkan untuk menyesali yang sudah terjadi, meratapi terus kenapa kita bisa tidak lulus.........,maka semuanya itu tidaklah begitu berguna. Karena biarpun kita meratapinya, menyesalinya, menangisinya selama satu hari satu malam, satu minggu, atau bahkan berbulan-bulan,kenyataan tidaklah akan berubah seperti yang kita inginkan. Bila tanpa ada tindakan. Lalu......apa yang sebaiknya kita lakukan?

Salah satu teman saya pernah mengatakan begini ketika kita dihadapkan pada sesuatu yang tidak pernah kita harapkan terjadi menimpa kita, maka segeralah melakukan apa yang harus & yang bisa kita lakukan. Jangan biarkan satu kegagalan menjadi penghalang kita untuk berbuat sesuatu yang lebih baik lagi. Jadikan semua itu kejadin itu menjadi suatu pelajaran yang paling berharga dalam hidupmu.


Diluar sana, ternyata banyak orang yang bisa sukses meskipun tidak memilki ijazah sekolah tinggi. Mungkin buat temen-temen yang sering atau bahkan suka ketoko buku, disana pasti kita pernah dengar atau melihat nama Andri Wongso. Seorang Andri Wongso yang dikenal sebagai penulis buku, motivator, serta bengusaha sukses ini ternyata dia hanyalah SDTT{Sekolah Dasar Tidak Tamat}. Tapi dia tetap bisa terus berkarya dan terus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Sebenarnya masih banyak sekali contoh-contoh menarik yang bisa kita jadikan pelajaran untuk terus maju kalo kita mau. Disini saya juga menyertakan vidio menarik yang harus Anda lihat untuk motivasi. Download gratis videonya disini.


Kemudian buat temen-temen yang telah dinyatakan lulus saya ikut senang dan selamat atas keberhasilan kalian. Tapi ingat ini bukanlah akhir dari tujuan kalian, masih banyak hal yang harus kalian lakukan untuk menghadapi kehidupan. Sebab kehidupan yang sesungguhnya jauh lebih keras dari yang kita banyangkan.
Akhirnya, tulisan ini harus saya selesaikan sampai disini. Semoga tulisan yang saya posting ini bisa memberi manfaat untuk pembaca blog
SARAN & INFORMASI
Comments
0 Comments