Senin, 07 Mei 2012

Tips Melindungi Sistem Pada KOMPUTER


Komputer atau laptop yang sering kita gunakan untuk berbagai keperluan kerja ternyata memiliki sifat hampir mirip dengan manusia. Kok bisa sie?
Yups, karena komputer atau laptop itu juga bisa diserang virus. Hanya saja jenisnya yang berbeda. Nah untuk kali ini saya akan menulis sedikit tips ringan yang berkaitan dengan keamanan sistem pada komputer atau laptop kita.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan guna melindungi sistem komputer atau laptop dari berbagai gangguan virus membahayakan. Diantaranya adalah artikel yang saya buat ini :
1. Install program antivirus yang memiliki reputasi baik dalam melindungi komputer dari serangan virus, seperti PCMAV, SMADAV, AVG, McAfree, Antivir, Norton Antivirus, Kaspersky, dan lain-lain. Kemudian lakukan update dengan mendownload versi terbaru dari situs resminnya. Kenapa sie harus diupdate? Ups, sebab virus-virus baru akan keluar setiap saat. Jika program antivirus yang kita gunakan tidak di update, maka program tersebut tidak akan banyak membantu melindungi komputer dari serangan virus-virus baru. Atau biar gak repot pilih aja yang pro. Tapi ini harus beli alias tidak gratis.
2. Lakukan scan virus secara berkala dan aktifkan fitur on access scanner pada startup windows. Fitur ini merupakan andalan tiap-tiap program antivirus. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa sistem telah aman, selain itu untuk melindungi sistem dari virus dengan cara memeriksa setiap akses yang masuk ke komputer.
3. Scan virus untuk setiap program baru atau file lainnya yang mungkin berisin kode yang dapat dieksekusi sebelum membuka atau menjalankannya.
4. Lakukan backup data secara berkala.
5. Nonaktifkan pengaturan autorun, karena biasanya virus masuk kesistem dengan memanfaatkan pengaturan ini.
6. Jangan membuka e-mail yang tidak jelas pengirimnya, walaupun dengan judul yang menarik karena biasanya si pengirim virus memang berusaha memanfaatkan rasa keingin tahuan si pengguna.
7. Aktifkan fitur firewall pada windows, atau program lainnya yang serupa.

Nah itulah sedikit tips yang bisa saya tulis kali ini. Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat buat temen-temen pembaca & pengunjung blog SARAN dan INFORMASI.
Comments
0 Comments