Sabtu, 02 Juni 2012

BAHAYA MEROKOK SETELAH OLAHRAGA


Awas BAHAYA MEROKOK setelah berolahraga. Buat temen-temen yang suka berolahraga tapi juga akrab dengan sebatang rokok. Saya merasa info ini sangat perlu diketahui oleh semua temen-temen blogging, facebooker serta para pembaca artikel ini, terutama buat yang suka merokok. Info sehat ini saya dapat dari sebuah surat kabar beberapa waktu yang lalu.

Oke dah,kita balik maning .......bab{tema}. Buat temen-temen yang penggemar berat rokok, mulai sekarang sebaiknya mengurangi porsi merokoknya, terutama merokok selepas berolahraga. Sebab, efeknya sangat berbahaya bagi kesehatan. Efek yang paling akan kita rasakan adalah pada jantung, paru-paru serta pada otak.


Pada jantung, disini efek buruk yang terjadi adalah dapat membuat tekanan besar. Yang perlu kita ketahui disini adalah jantung membutuhkan oksigen(O2) untuk berfungsi dengan baik. Sedangkan asap rokok  dapat menguras oksigen yang berada dalam tubuh dan mengantinya dengan karbondioksida {CO2} yang berbahaya. Akibatnya, jantung harus memompa lebih keras untuk memasok oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, nikotin yang terkandung dalam tubuh juga bertindak sebagai stimulan yang dapat menyebabkan denyut jantung melampaui tingkat yang sudah diproduksi selama olahraga.


Sedangkan untuk paru-paru, asap rokok dapat memicu pembengkakan kronis dari selaput lendir dan dapat membatasi saluran udara. Pasalnya setelah berolahraga, tubuh membutuhkan pasokan oksigen sebanyak-banyaknya untuk pemulihan, inilah yang membuat pernapasan sohib semakin cepat{ngos-ngosan}. Jantung pun berdenyut semakin cepat. Tapi asap rokok dapat menyusutkan saluran udara dan juga mengurangi jumlah oksigen dalam darah. Dengan menyusutnya saluran udara, berarti udara yang masuk paru-paru hanya sedikit masih ditambah lagi dengan berkurangnya jumlah oksigen dalam darah.


Belum lagi bahaya merokok setelah olahraga juga menghampiri otak kita, awal mulanya ialah karena asap rokok dapat meningkatkan jumlah karbon monoksida (CO) dalam aliran darah. Gas tersebut mampu merampas oksigen yang dibutuhkan otak untuk mempertahankan fungsi yang tepat. Padahal kadar CO yang meningkat dapat mengganggu persepsi waktu, mengganggu kinerja visual, mengganggu ketrampilan motorik dan bahkan nih penalaran kognitif  pun ikut terhambat.
Nah bagi anda yang masih suka merokok setelah olahraga, sebaik mulai sekarang segeralah ditinggalkan.

Semoga artikel ini memberi manfaat bagi para pengunjung dan pembaca blog


ada APA DISINI ?
Comments
0 Comments