Kamis, 28 Juni 2012

MENGENAL HYPNOTIS LEBIH DEKAT


            Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak temen-temen mengenal lebih dekat apa dan bagaiman sesungguhnya hipnotis itu. Apakah sebenarnya hipnotis itu ada kaitannya dengan mistis/klenik?
Baik ,hypnotis itu berasal dari kata hypnos yang berarti dalam bahasa yunani adalah tidur. Namun dalam istilah ini antara kondisi orang terhipnotis dengan orang yang tidur itu tidaklah sama.
Lalu apa bedanya?
Begini ,orang yang tidur itu tidak akan menyadari apa yang terjadi atau yang ia lakukan, sedangkan orang yang terhipnotis biasanya menyaddari secara sadar apa yang terjadi dan yang ia lakukan.
Ini adalah definisi hipnotis secara global menurut beberapa tokoh yang mana satu sama lainnya memiliki berbedaan tapi secara umum intinya hampir sama.
1.      Hipnotis adalah sesuatu kondisi yang menyerupai tidur, dapat dilakukan secara sengaja kepada seseorang dan seseorang yang dihipnotis bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari yang diajukan serta menerima sugesty tanpa perlawanan.
2.      Hypnotis adalah merupakan suatu teknik atau praktik dalam mempengaruhi orang lain untuk masuk kedalam kondisi tracen hypnotis.
3.      Hypnotis adalah suatu kondisi yang terjadi saat perhatian menjadi sangat terpusat, sehingga tingkat sugestybilitas (daya terima saran) meningkat sangat tinggi.
4.      Hypnotis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang, sehingga mengubah tingkat kesadarannya yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak dari beta ke alpadan tetha.
5.      Hypnotis adalah seni komunikasi untuk mengeksplorasi alam bawah sadar seseorang.
6.      Hypnotis adalah kondisi kesadaran yang meningkat.
Definisi tersebut diatas semuanya benar. Secara ilmiah hypnosis adalah keadaan alami dari  relaksasi total tubuh, dimana kondisi kesadaran pikiran meningkat lebih tinggi dari biasanya.
Hal yang harus diingat ialah : selama hypnotis berlangsung,kita tidak berada dalam keadaan benar-banartidur maupun terjaga. Dalam keadan hipnosis,sebenarnya keputusan ada ditangan kita sendiri.
Lalu apakah hal positif yang dapat dimanfaatkan dari hipnosis itu sendiri?
Bila kita mengamati perkembangannya, hipnosis mulai banyak mengalami perkembangan dalam segi pandang dan pemanfaatannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
·        Untuk berbagai macam hypnotherapi
·        Untuk  pengembangan dalam dunia pendidikan (hypnotis for student)
·        Untuk membantu membentuk mind set (hypno selling,hypnomotivasi,dll)
·        Hypnotis untuk hiburan/hypno stage.
·        Menghilangkan fobia
·        Dan banhak lainnya.
Saya sendiri juga biasa menggunakan hipnosis untuk berbagai keperluan, seperti halnya untuk hiburan, memberi motivasi, untuk terapi menghilangkan kebiasaan jelek,dan lain sebagainya. Kalo kita cermati ini seperti ungkapan yang tertuang pada pion ke 5.
Serta masih banyak lagi manfaat lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua sebagai tambahan wawasan.

Comments
1 Comments