Rabu, 04 Juli 2012

MENGENAL GELOMBAMG OTAK


SEKILAS TENTANG PIKIRAN MANUSIA
Secara teori pikiran manusia dapat dibagi sesuai dengan aktifitasnya. Hal ini dapat dilihat berdasarkan alat yang bernama Electro Encephalograph.

·        Beta, Frekuensi 12-25 Hz
Gelombang otak beta dominant terjadi pada seseorang yang sedang melakukan aktifitas. Atensi, kewaspadaan, kesigapan, pemahaaman, kondisi yang lebih tinggi diasosiasikan dengan kecemasan & ketidak nyamanan.

·        Alpha ,frekuensi 8-13 Hz
Gelombang otak Alpha dominant terjadi pada saat tubuh & pikiran sedang rilex serta tetap waspada. Missal : berdoa, pembelajaran super, meditasi, kondisi pra-tidur, awal mengakses pikiran bawah sadar.

·        Theta , frekuensi 4-7 Hz
Kondisi ini dominant terjadi pada kondisi hypnotic, meditasi dalam, tidur yang disertai mimpi, terjadi peningkatan produksi catecholamines, peningkatan kreatifitas, pengalaman emosi, potensi terjadi perubahan sikap, serta peningkatan pengingatan materi yang dipelajari. Kondisi ini lebih mengarah pada akses pikiran bawah sadar.

·        Delta , frekuensi 0,5-3 hz
Gelombang otak delta dominan terjadi orang yang tertidur lelap. Ini adalah kondisi gelombang otak yang paling lambat. Dalam kondisi ini biasanya seseorang akan hilang kesadaran pada sesi fisik, melepas hormon pertumbuhan, serta tidur tanpa mimpi.

Demikian sedikit bahasan dari saya semoga ini bermanfaat.

Comments
0 Comments