Minggu, 01 Juli 2012

TANYA JAWAB SEPUTAR HYPNOTIS


Menikmati indahnya suasana pagi di hari libur sungguh hal yang sangat menyenangkan. Dari segarnya udara pagi itu akhirnya memberikan inspirasi kepada saya untuk menulis artikel ini sebagai content blog  yang sedang saya kelola saat ini.
Lalu kira kira apa yah artikel yang akan saya tulis kali ini?
Sebagai artikel lanjutan saya yang sebelumnya mengenai hipnotis, artikel saya kali ini akan membahas beberapa poin yang sering menjadi pertanyaan dan ketakutan seseorang bila mendengar istilah kata hipnotis. Nah beberapa bertanyaan yang sering seseorang tanyakan kaitannya dengan kata hipnotis adalah sebagai berikut :
1.       Apa itu hipnotis?  Secara singkat beberapa definisi tentangbhipnotis telah saya tulis pada artikel saya yang sebelumnya. Yang mana pada intinya adalah hipnotis itu suatu kejadian alami, bukan mistis, dan tanpa melibatkan unsur dunia lain. Keadaan hipnotic ini sebenarnya sering kita alami hampir setiap saat, misalnya saat kita melihat film kemudian merasa terharu sehingga ikut menangis. Atau saat kita membaca sebuah cerita dalam buku lalu kita merasa seolah-olah menjadi bagian dari buku itu. Hipnotis dapat dipelajari siapapun. Termasuk Anda.
2.       Apa itu hipnoterapi? Sebelum kita membahas hipnoterapi, apa sih yang dimaksud terapi itu? Menurut kamus besar indonesia terapi adalah usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit atau dalam perawatan penyakit. Terus apa itu hipnoterapi? Hipnoterapi adalah terapi yang menggunakan media hipnosis untuk memfasilitasi perubahan. Kemudian sugesti  yang sebelumnya telah disetujui ditanamkan kedalam alam bawah sadar, sementara Kita dalam keadaan rileks terhipnosis. Sebagai informasi, selama kita proses hipnosis berlangsung,kita tidak dapt dan tidak akan melakukan sesuatu yang yang tidak kita kehendaki.
3.       Lalu bagaimana agar saya tidak bisa dihipnotis? Sebenarnya siapapun bisa dihipnotis asalkan mereka mengiginkannya/bersedia/mau dihipnotis. Namun ,ada beberapa orang yang memang tidak boleh dihipnotis, yaitu mereka yang sedang berada dibawah pengaruh alkohol / obat-obatan terlarang, mereka yang mengalami depresi klinis dan mereka yang menderita epilepsi. Jika And  tertarik ingin menikuti program hopnoterapi,tetapi memiliki masalah kesehatan yang serius, maka sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter yang berkopenten menangani masalah tersebut.
4.       Akankah saya tetap mengingat hal yang dikatakan kepada saya saat dihipnosis? Tidak semua, tergantung kebutuhan. Tapi mayoritas mereka yang pernah mengikuti hipnosis akan mengingat semua hal yang dikatakan kepadanya selama dirinya dihipnosis. Keadaan hipnosis sebenarnya tidak jauh berbeda dengan keadaan ketika kita sedang melamun atau mengantuk. Walaupun dalam keadaan relaks, Anda  tetap sadar sepenuhnya terhadap keadaan disekeliling Anda. Anda juga tetap akan mendengar  segala hal yang terjadi disekitar Anda. Jadi sebenarnya dalam keadaan terhipnosis, kita tidak benar-benar tertidur maupun terjaga. Begitu pula bila tiba-tiba terjadi sesuatu yang perhatian  segera, Anda bisa dengan segera membuka mata dan siap menghadapi situasi tersebut.
5.       Bagaimanakah rasanya dihipnosis? Anda akan merasa sangat rileks, seperti dalam keadaan setengah tidur. Tubuh Anda mungkin akan terasa sangat ringan atau sangat berat. Disamping itu Anda akan merasakan kehangatan menyelimuti kaki atau tangan. Apapun yang Anda alami,semua itu sangatlah alami dan normal. Anda mungkin juga akan merasa seolah-olah tak bisa bergerakmeskipun sebenarnya Anda tau bahwa bisa melakukannya. Anda akan merasakan bahwa waktu seakan-akan begitu cepat . atau mungkin juga Anda akan mengalami rapid eye movement (REM) atau gerakan kelopak mata yang sangat cepat ketika Anda sedang memasuki tahapan hipnosis. Kelopak mata Anda terasa bergetar, meski orang umumnya tidak menyadari sensasi ini.
6.       Bagaimanakah hipnosis bekerja? Seperti pada penjelasan diawal, bahwa sugesty yang sebelumnya telah disiapkan,ini masuk kedalam pikiran bawah sadar Anda untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang sedang Anda hadapi/alami. Misalkan : ingin berhenti merokok, menurunkan berat badan, menghilangkan emosi-emosi negatif atau untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.
7.       Apakah da efek samping atau efek negatif dari hipnosis? Tidak ada, sebab selama dalam keadaan hipnosis, Anda tetap memiliki kendali penuh. Anda tidak dapat diperintah untuk melakukan sesuatu yang tidak Anda kehendaki. Begitu pula Anda tidak akan menerima sugesty yang tidak dditerima oleh pikiran Anda.
8.       Apakah hipnosis akan membuat sayamelakukan hal-hal konyol? Jawabnya adalah tidak,Anda tidak akan pernah melakukan apa yang tidak ingin Anda lakukan selama Anda berada dalam keadaan hipnosis. Khususnya  hal yang bertentangan dengan moral Anda. Ini tidak akan terjadi kecuali hanya untuk entertainment/hiburan saja yang mendorong seseorang melakukan hal-hal konyol,dan inipun semata hanya untuk kepentingan hiburan. Biaasanya orang-orang yang terlibat dalam acara hipno stage /hiburan mereka sudah mempersiapkan diri untuk melakukan hal-hal konyol yang menghibur karena mereka tau kalo ini adalah semata untuk hiburan. Ini tidak akan terjadi bila dalam kelas hipnoterapi. Jadi privasi Anda akan aman,he....he......
9.       Apakah saya akan kehilangan kendali selama sesi berlangsung? Tidak,seperti yang sudah diungkapkan dari awal,selama proses hipnosis Anda akan tetap berada dalam  kendali penuh selama sesi berlangsung dan Anda akan dapat menghentikan sesi kapan pun Anda mau. Anda juga akan tetap berada dalam kesadaran penuh dan dapat mendengar  apapun yang terjadi disekitar Anda. Seorang hipnoterapis, tidak akan pernah bisa mengambilalih kendali pikiran Anda. Ia hanyalah bertugas sebagai fasilitator lewat sugesty yang diberikan, agar tuuan awal yang dimaksud bisa tercapai.
10.   Bagaimanakah jika saya “tidak bisa keluar” dari keadaan hipnosis? Anda pasti akan bisa keluar dari keadaan hipnosis dengan sendirinya secara alami Selama sesi, Anda.dapat membuka mata kapanpun untuk mengakhiiri hipnosis dengan segera. Anda mmemegang kendali penuh selama sesi berlangsung. Terapis hanyalah sebagai fasilitator yang akan membimbing Anda agar bisa masuk ke dalam keadaan hipnosis untuk mencapai kesepakatan yang telah ditentukan dari awal. Tetapi Anda yang berhak memilih untuk terus mengikuti sesi atau tidak.
11.   Apa yang akan saya rasakan selama hipnosis? Beberapa orang merasa sangat rileks dan mengantuk. Tak sedikit juga yang merasa lebih mudah tertidur pada waktu malam hari. Beberapa orang juga ada yang merasa lebih berenergi pada keesokan harinya. Mengapa demikian? Semua itu disebabkan karena meningkatnya kadar oksigen didalam aliran darah dan relaksasi yang diciptakan oleh proses hipnosis itu sendiri. Jadi mulai sekarang hipnotis bukan lah sesuatu yang perlu ditakuti. Sebab dengan hipnosis, banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang baik.

Semoga artikel ini bisa menambah informasi & memberi manfaat untuk setiap orang yang membaca serta mencari tau informasi seputar hipnosis.
Comments
0 Comments