Jumat, 10 Agustus 2012

HIKMAH ROMADHON


Bulan romadhon adalah bulan yang penuh rohmat, dimana terutama para umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain itu, perubahan suasana dari bulan romadhon dibandingkan dengan bula-bulan lainnya pun juga dirasakan oleh banyak orang termasuk orang non muslim. Misalkan saja mereka yang berjualan makanan, klo hari-hari bisa mereka bisa menjual makanan selama satu hari penuh, maka dalam bulan romadhon ini pengunjungpun menurun drastis.


Tapi ini bukan berarti dengan adanya bulan ramadhan itu akan mengurangi jatah rezeki yang mesti kita dapatkan. Sebab Allah itu sudah memperkirakan segala sesuatu yang telah diberikan kepada mahluknya.


Bagi orang yang memiliki kelebuhan rezeki, dengan datangnya bulan ramadhan ini secara tidak langsung diajak untuk merenungi atas apa yang sudah diperbuat & mensyukuri atas setiap sesuatu yang telah didapatnya.
Sebab, bila kita melihat diluar sana, masih banyak orang-orang yang hidup dalam kesusahan, hidup dalam kekurangan. Sehingga untuk mendapatkan apa yang akan dimakan hari ini harus melalui usaha yang keras. Bahkan ada sebagian orang yang mana untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka harus melalui minta-minta dijalan, dilampu lalu lintas, berjalan dari rumah kerumah.


Pernahkah kita berfikir seandainya hal tersebut harus menimpa pada diri dan keluarga kita? Subhanallah........,maka dari itu  marilah kita belajar untuk bisa mensyukuri atas nikmat yang oleh Allah masih diberikan kepada kita.   Sebab “barang siapa yang mau mensyukuri nikmatku(Allah) maka niscaya akan Aku(Allah) tambah, dan barang siapa yang kufur, ketahuilah sesungguhnya siksaku sungguh berat”


Kemudian, dalam agama islam, orang yang berpuasa diwajibkan untuk membayar Zakat yang bertujuan untuk membersihkan diri dari amalan-amalan yang membatalkan pahala puasa selama bulan romadhon. Zakat ini bila dimaknai secara luas dan positif maka bisa memberi arti solidaritas sesama manusia untuk saling membantu. Walaupun pada siaran berita ada kabar gara-gara berebut zakat uang akhirnya memakan korban bahkan kadang-kadang ada yang pingsan/meninggal. Tapi sebenarnya bukan itulah yang diharapkan dari membagi zakat dalam agama islam. Solidaritas dan saling membantu, yang kuat membantu yang lemah itu lebih baik.
Semoga aertikel singkat ini  bisa memberikan kita hikmah dalam menjalani ibadah puasa dibulan romadhon tahun ini. Sehingga dibulan romadhon tahun depan kita bisa lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa serta bisa lebih mensyukuri setiap nikmat yang kita terima dari-Nya.  Amin..........,
Comments
0 Comments