Kamis, 20 September 2012

TIGA BAGIAN UTAMA KONSEP DIRI


Minindaklanjuti materi tulisan saya mengenai  hipnotis for student, kali ini saya akan berbagi artikel yang sama pentingnya dengan materi sebelumnya. Kali ini artikel saya akan membahas aspek pembentuk self-consept, ini sangat penting. Termasuk dalam materi hipnotis for student. Dengan mengetahui aspek pembentuknya diharapkan kita bisa mengetahui lebih jauh apa dan bagaimana sebenarnya yang diri kita kehendaki.
Menurut Brian Tracy, self-concept terbentuk  atas tiga hal utama,yaitu:
a.       Self-Ideal (Diri Ideal),
b.      Self-Image (Citra Diri), dan
c.       Self-Esteem (Jati Diri)
Nah ketiga elemen tersebut diatas adalah merupakan satu kesatuan yang membentuk kepribadian kita, menentukan hal yang biasa kita pikirkan, kita rasakan, serta yang kita lakukan. Hal tersebut diatas juga akan menentukan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita (diluar kata takdir).
Hal ini sesuai hukum pikiran bawah sadar yang telah diungkapkan oleh master Romy, bahwa apapun yang kita pikirkan, tubuh akan memberikan sesuai yang kita inginkan.”
Sekarang mari kita bahas satu persatu tiga bagian diatas serta hal-hal apa saja elemen pendukungnya.
·         Self-Ideal (Diri Ideal) adalah komponen pertama dari self-concept kita. Self-ideal akan  terbentuk dari kebaikan, nilai-nilai, dan sifat-sifat yang kita kagumi dari diri kita sendiri ataupun dari orang lain yang kita hormati. Self-ideal adalah suatu hal yang paling kita inginkan untuk bisa menjadi diri kita di segala bidang kehidupan. Bentuk ideal ini akan menuntun kita dalam membentuk perilaku. Self-ideal kita terdiri dari :
a.       Harapan
b.      Impian
c.       Visi, dan
d.      Idaman.
·         Self-Image (Citra Diri) adalah bagian kedua dari self-concept kita. Pada poin inilah yang akan menunjukkan cara kita membayangkan diri sendiri dan menentukan cara kita bertingkah laku dalam situasi tertentu. Dalam kehidupan kita, hampir semua perbaikan diri dimulai dari sini. Bila ini berhasil kita lakukan, maka kita akan merasakan memiliki kekuatan yang positif dalam berperilaku.
·         Self-Esteem (Jati Diri). Yaitu sebberapa besar kita menyukai diri sendiri. Semakin kita menyukai kita menyukai diri sendiri, maka akan semakin baik kita dalam bertindak dibidang apapun yang kita tekuni. Selanjutnya dengan semakin kita menyukai diri sendiri, maka kita akan semakin memiliki performa yang baik pula. Hal ini adalah termasuk dalam komponen emosional kepribadian kita. Adapun komponen-komponen pentingnya adaalah sebagai berikut:
a.       Bagaimana cara kita berfikir,
b.      Bagaimana cara kita merasa, dan
c.       Bagaimana cara kita dalam bertingkah laku.
Nah, itulah beberapa poin yang menjadi bagian utama self-concept (konsep diri) yang ada dalam diri kita. Kaitannya dengan hipnotis for student ialah untuk menjadi seseorang yang berhasil meraih cita-cita itu perlu proses, harus melakukan sesuatu yang tepat, bila kita ingin menjadi seorang pelajar yang baik maka kita harus memiliki konsep diri yang positif bukan mengandalkan pada kunci jawaban ataupun contekan.
Kemudian sebagai rasa terimakasih saya kepada temen-temen yang telah berkunjung
di blog ini  
akan saya berikan bonus e-book free
Silahkan
Comments
0 Comments