Minggu, 11 November 2012

TIPS MUSIM HUJAN


Bulan maret-agustus sering dikenal oleh masyarakat sebgai musim kemarau. Dimana pada musim tersebut curah air hujan mulai berkurang dan kadang-kadang didaerah tertentu sudah mulai kesulitan mencari air bersih. Sebagian tanah juga ada yang mulai merekah {istilah jawanya lemahe wes podo nelo}. 
Hal seperti ini sangat terasa sekali terutama didaerah-daerah rawan kekeringan. Seperti halnya di daerah Wonogiri, Grobogan, Ponorogo dan daerah-daerah lainnya. Kesulitan dalam mencari sumber air bersih memang banyak sekali faktor penyebabnya. Selain, karena memang akibat geografis, penggundulan hutan secara liar juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Sebab, keberadaan hutan lindung ini sangat besar sekali manfaatnya. Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan adalah : sebagai penghasil oksigen pada waktu siang hari, mengurangi polusi udara, sebagai pencegah terjadinya longsor  didaerah-daerah dataran tinggi.

Kita bisa bayangkan, andaikan saja didareah-daerah dataran tinggi {pegungungan, bukit} tidak ada pohon-pohon yang berakar kuat, mungkin ketika terjadi hujan turun akan mudah sekali longsor. Belum lagi faktor-faktor yang lainnya. Baik musim kemarau ataupun musim penghujan, bila ini terjadi secara lerlebih tentu akan berakibat buruk bagi banyak orang.
Sekarang sudah masuk bulan oktober, ini artinya musim hujan sudah mulai turun. Kita harus lebih waspada terhadap segala hal yang akan terjadi didalam musim penghujan.

Beberapa diantaranya adalah cuaca yang tidak menentu dapat mengakibatkan tubuh kita mudah terserang penyakit. Mulai dari masuk angin hingga diare. Perlu kita ketahui pula bahwa biasanya air hujan yang turun diawal-awal musim ini juga bisa bikin kita mudah pusing bila kena kepala {bila kehujanan}.
Selain itu biasanya diawal musim hujan, hujan disertai angin kencang juga sering terjadi. Ini juga perlu diwaspadai. Sebab hal yang demikian biasanya akan menmbangkan ranting-ranting pepohonan, memporak porandakan rumah, genting, dan lain-lain. Bila kita dalam perjalanan tiba-tiba terjadi hujan lebat yang disertai angin, sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam berkendara. Pakailah mantel hujan agar tubuh tidak basah kuyub. Bila lupa gak bawa mantel/jas hujan, ada baiknya berteduh dulu.

Air hujan yang turun lebat akan sangat mengganggu kenyamanan dan pandangan dalam berkendara. Jadi kita harus extra hati-hati. Dibawah ini ada tips aman musim hujan ala saya. Gak terlalu baku sih, tapi ada baiknya bisa ditiru
1.      Bila akan bepergian sebaiknya kita sedia payung sebelum hujan. Maksudnya bukan perjalanan turun hujan. Misalnya bawa mantel/jas hujan bagi pengendara sepeda motor. Bila lupa ato gak ada sebaiknya berteduh dulu, tunggu hingga juhan reda baru melanjutkan perjalanan.
2.      Cek kondisi kendaraan. Mulai bahan bakar, tekanan udara pada ban motor {baik depan maupun belakang} sesuaikan dengan standardnya. Jangan terlalu kurang dan jangan terlalu berlebih.
3.      Bila terpaksa harus berhujan-hujan tanpa mantel/jas hujan  karena buru-buru mengejar waktu, sesampai ditempat tujuan atau rumah, usahakan segera mandi dan keramas agar kepala tidak menjadi pusing. Bila perlu minum juga obat anti masuk angin.
4.      Ganti baju yang kering agar badan menjadi hangat.
Demikian sedikit tips dan info dari  saya yang berkaitan dengan musim hujan. Atas waktu  temen-temen berkunjung dan membaca artikel saya ini, saya ucapkan banyak terimakasih......!
Mohon difollow ya......., semoga kedepannya saya bisa terus menulis artikel-artikel yang lebih menarik dan berguna.
Comments
0 Comments