Rabu, 29 Januari 2014

PENIPUAN BERKEDOK UNDIAN BERHADIAH



Mengawali artikel tulisan blog ini marilah pertama kali kita senantiasa mengucapkan puji syukur atas segala karunia & nikmat yang telah tuhan berikan kepada kita semua dengan ucapan “alham dulillahi robbil alamiin”.
Atas ijin dari-Nya akhirnya pada kesempatan kali ini akhirnya berhasil menulis artikel sederhana ini.
Artikel ini sengaja saya tulis karena mensikapi kejadian-kejadian yang saat ini sedang marak terjadi dikalangan para mengguna & pemilik nomor HP, mualai dari telkomsel hingga yang baru.

Seperti yang pernah terjadi kemarin dari teman pengguna nomor XL yang berada dikebumen alih-alih katanya mendapat hadiah sekian juta dari okmum tak bertanggung jawab yang mengatas namakan dari operator XL tapi malah menipu.

Kejadian demikian biasanya berawal dari si pelaku menelpon calon korban dengan cara mengacak momer kemudian memberikan informasi bahwa si calon korban telah mendapatkan hadiah, agar calon korban tidak curiga dari awal ia mengatakan tidak perlu mentransfer uang tapi cukup memiliki nomer rekening bank untuk menerima transfer sejumlah uang yang dikatakan dari awal sebagai hadiah tersebut. Namun pada praktiknya calon corban perlahan-lahan diarahkan untuk mentranfer uangnya ke pelaku. Entah bagaiman caranya sehingga seolah-olah si korban pun tak berdaya seolah-olah terhipnotis si pelaku kejahatan. Walaupun sebenarnya mungkin si pelaku bukanlah ahli hipnotis.

Prinsipnya sederhana, pelaku sebetulnya hanya menggunakan teori shock kepada si calon korban dengan cara memberikan informasi kabar gembira yaitu Selamat ANDA men-DAPAT-kan hadiah ……bla…..bla….dari …..bla….bla….bla…., sehingga sikorban secara tidak sadar & tanpa merasa terpaksa akhirnya bersedia melakukan sesuatu yang diminta oleh pelaku.
Prinsip tersebut juga sering & biasa dilakukan oleh pelaku dengan cara memberikan informasi yang mengjutkan misalnya begini….”Kami dari RS.bla…bla…menginformasikan bahwa anggota keluarga ANDA saat ini mengalami kecelakaan & harus segera dioperasi …..agar proses operasi segera bisa dilakukan mohon segera kirim uang ke bla…bla…..”

Nah,  kembali ke awal bab…..,jika hal tersebut pertama diatas terjadi pada  ANDA coba teliti baik-baik apakah betul informasi yang ANDA terima itu benar-benar dari perusahaan telpon seluler yang ANDA pakai atau bukan.
Sebagi informasi tambahan dari Saya, perusahaan atau intansi ternama selau menggunakan website berbayar seperti .com,co.id,ac.id yang berarti .comersial utk perusahaan dagang & academic indonesia. Serta menggunakan layanan sms berbayar dengan nomor 4 digit bukan menggunakan nomer 08…..bla….bla…..
Berikut ini adalah beberapa nomor call center & alamat web resminya :
 Klik aja disini!
Comments
0 Comments