Selasa, 31 Mei 2016

CARA MEMPERBAIKI POMPA INJEKSI

Salam hangat dimanapun Sobat berada.....,
Kali ini Saya akan berbagi sedikit ilmu tentang dunia otomotive, khususnya mengenai Pompa Injeksi sepeda motor honda.

Sudah menjadi hukum alam bahwa benda apapun bila sudah lama digunakan maka pada akhirnya pasti rusak juga.

Pada artikel kali ini Saya memilih judul CARA MEMPERBAIKI POMPA INJEKSI adalah inspirasi dari pekerjaan Saya sehari-hari sebagai Teknisi/Mekanik di salah satu Bengkel Resmi AHASS Jawa Tengah.

Menyikapi beberapa masalah yang terjadi pada kendaraan honda konsumen yang terutama pada part pompa injeksinya, mau tidak mau konsumen harus merogoh uang dikantongnya demi performa sepeda motornya agar dapat beroperasi secara normal seperti biasanya sebelum terjadi trouble pada pompa injeksinya.

Namun karena harganya yang lumayan mahal & ketidak ready an barangnya maka setelah cari info dari temen baik sesama mekanik maupun temen distributor spare part akhirnya dapatlah juga apa yang menjadi harapan dan solusi untuk masalah pompa injeksi sepeda motor honda konsumen.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai judul CARA MEMPERBAIKI POMPA INJEKSI, sebaiknya kita tahu terlebih dulu apa itu pompa injeksi dan fungsinya.



Pompa injeksi pada sepeda motor adalah merupakan komponen penting dalam sistem kendaraan/sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi.
Bentuk aslinya bisa kit lihat pada gambar diatas. Yang mana pada gambar tersebut disebut Fuelpump Assy (Pompa Injeksi Set) dan didalamnya terdapat bagian-bagian tertentu. Disebut Assy/Set karena selain sebagai pompa, juga disertai komponen yang berfungsi untuk mengontrol kapasitas bahan bakar yang berada didalam tangki untuk kemudian ditampilkan pada layar indicator bahan bakar yang berada pada layar display sepedometer assy.

Pompa Injeksi dikatakan rusak atau harus ganti yaitu apabila tekanan yang dihasilkan kurang dari 293 Kpa _1. Sebagai dampak dari kurangnya tekanan sistem bahan bakar dari pompa menuju injeksion, maka motor akan terasa mrebet atau kurang tenaga saat digunakan untuk akselerasi atau bahkan bisa tak bertenaga bila kerusakannya parah ( tekanan pada pompa dibawah 200 Kpa).

Angka ini didapat dari pengukuran dengan alat khusus yang bernama Preasure Pump Gauge atau alat pengukur tekanan pompa injeksi. Untuk saat ini Saya rasa bengkel-bengkel sudah banyak yang punya.......,

Kembali lagi pada topik permasalahan, tekanan pompa injeksi rusak atau tidak normal sebenarnya bisa diperbaiki tanpa harus beli fuelpump assy. Cukup diganti komponennya  yang bernama rotak. Dari pengalaman Saya dan teman-teman 90% masalah tekanan berhasil diatasi tanpa harus beli fuelpump assy.

Bisa hemat 50-65%.
Dibawah ini bentuk rotak untuk fuelpump all honda injeksi.
 
Bila Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan komponen rotak ini silahkan kontak Saya by SMS/WhatsApp di 085293292203.

Demikian artikel Saya kali ini. Semoga bermanfaat. Salam SUKSES & TERIMA KASIH.

Comments
0 Comments